Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP, Dan Konfigurasi Ekstensi Dan Dial-Plan Server Softswitch

Captain Zuhd - Berikut ini Soal Tentang Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP, Dan Konfigurasi Ekstensi Dan Dial-Plan Server Softswitch

Soal Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP

1. Sebutkan dan jelaskan komponen/unsur-unsur standar pada SIP!

Jawab : Unsur-unsur individual dari konfigurasi SIP standar meliputi berikut ini:
- User Agent: Agen pengguna berada disetiap stasiun akhir SIP. Kerjanya di dua peran:
 User Agent Client (UAC) : Permintaan Isu SIP
 User Agent Server (UAS) : Menerima permintaan SIP dan menghasilkan respon yang menerima, menolak, atau pengalihan permintaan.
- Redirect Server digunakan selama inisiasi sesi untuk menentukan alamat yang disebut perangkat. Redirect Server kembali informasi ini ke perangkat memanggil, mengarahkan UAC untuk menghubungi alternatif Universal Resource Identifier (URI). Sebuah URI adalah identifier generik yang digunakan untuk menyebutkan nama sumber daya di Internet. URLyang digunakan untuk alamat Web adalah jenis URI.
- Proxy Server : Entitas perantara yang bertindak baik sebagai server dan klien untuk tujuan membuat permintaan atas nama klien lainnya. Sebuah server proxy terutama memainkan peran routing, yang berarti bahwa tugasnya adalah untuk memastikan bahwa permintaan dikirim ke entitas lain lebih dekat ke pengguna yang ditargetkan. Proxy juga berguna untuk menegakkan kebijakan (misalnya, memastikan pengguna diperbolehkan untuk membuat panggilan). Sebuah proxy menafsirkan, dan, jika perlu, penulisan ulang bagian-bagian tertentu dari pesan permintaan sebelum meneruskan itu.
- Paniter : Sebuah server yang menerima permintaan REGISTER dan menempatkan informasi yang diterimanya (alamat SIP dan terkait alamat IP dari perangkat mendaftar) di permintaan tersebut ke layanan lokasi untuk domain menangani.
- Lokasi Layanan : Layanan lokasi digunakan oleh redirect SIP atau server proxy untuk mendapatkan informasi tentang kemungkinan lokasi yang dituju. Untuk tujuan ini, layanan lokasi memelihara sebuah database pemetaan SIP-address / IP-address.

2. Jelaskan 7 perintah pada SIP !

Jawab : Perintah yang digunakan dalam SIP adalahsebagai berikut:
- INVITE merupakan perintah untuk mengundang pengguna untuk panggilan.
- ACK atau Acknowledgement merupakan perintah yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran pesan pada perintah INVITE.
- BYE merupakan perintah untuk menghentikan hubungan antara pengguna.
- CANCEL merupakan perintah untuk menghentikan permintaan atau mencari permintaan untuk seorang pengguna. Perintah ini digunakan jika klien mengirimkan perintah INVITE dan merubah keputusannya untuk memanggi penerima.
- OPTION merupakan perintah untuk mengumpulkan sejumlah informasi tentang kemampuan sebuah server.
- REGISTER merupakan perintah untuk egister lokasi pengguna saat ini.
- INFO merupakan perintah yang digunakan pada pertengahan sesisignaling.

3. Jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch !

Jawab : Keuntungan dari software softswitch, yaitu sebagai berikut:
- Mengaktifkan dan mempercepat layanan NGN (Next GenerationNetwork).
- Meningkatkan fleksibilitas jaringan dan menyediakan dukungan untuk beberapa aplikasi dari platform tunggal.
- Menyederhanakan upgrade infrastruktur dengan terbuka danmemusatkan fitur layanan.
- Menyediakan operator dengan berbagai pilihan, yang memungkinkan untuk membangun "best of  breed" atau perkembangan jaringan terbaik dengan produk dari beberapa vendor.

4. Bagaimanakah fungsionalitas layanan yang disediakan oleh softswitch ?

Jawab :
Menyediakan fungsionalitas kontrol pemanggilan, yaitu sebagai berikut:
- Menjaga kondisi panggilan
- Menyediakan layanan yang akan mengubah panggilan
- Berkomunikasi dengan fungsi control pemanggilan untuk pembentukan dan pelepasan panggilan
- Permintaan layanan dari fungsi dalam layer fungsionalitas servicecontrol.
- Permintaan penentuan, alokasi, dan pelepasan sumber dari pembawa fungsi control.
- Menerapkan serangkaian kebijakan dan mekanisme untuk satu set (IP) sumber transportasi untuk memastikan bahwa sumber daya yang dialokasikan cukup untukmemungkinkan standar QoS (Qualityof Services) melewati controldomainnya.

5. Jelaskan arsitektur utama dari server softswitch !

Jawab :
Arsitektur dari softswitch digambarkan dengan memiliki 8arsitektur utama, yaitu sebagai berikut:
1) Application Server adalah elemen jaringan yang menyediakan aplikasi tambahan di luar fitur teleponi yang membutuhkan server tersendiri,misalnya voice mail, prepaid call, fixed-SMS, dll.
2) Feature Server adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai penyedia aplikasi fitur teleponi.
3) Media Gateway adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN, PLMN dan jaringan akses pelanggan.
4) Signaling Gateway adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai interface pensinyalan dari jaringan sofswitch ke SS7 PSTN atau PLMN.
5) Media Server adalah elemen jaringan berfungsi membantu Softswitch untuk melakukan pemprosesan panggilan yang terjadi pada media stream, seperti penyediaan dial-tone, sarana conference, announcement, dll.
6) Operating Support System (OSS) adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti manajemen jaringan, provisioning, billing, monitoring, statistik, dll.
7) Media Akses adalah media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leased circuit, V5.2, DSL, HFC, FTTH/FTTC dan radio access.
8) Perangkat Akses adalah perangkat yang digunakan di sisi pelanggan (CPE) untuk melakukan akses ke jaringan softswitch. Perangkat akses dapat berupa node berbasis paket IP, terminal analog, dan perangkat terpadu yang memiliki port analog dan data paket (IAD, MTA, dll).

Soal Konfigurasi Ekstensi Dan Dial-Plan Server Softswitch

1. Tuliskan tahap-tahap konfigurasi pada sistem operasi Briker!

Jawab : Tahap-tahap konfigurasi pada sistem operasi Briker supaya dapat bekerja dengan baik, meliputi Konfigurasi Administration, Konfigurasi Trunk, Konfigurasi Outbound Routes, Konfigurasi Video Call, KonfigurasiSIP Account dan Management User.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan :

a. Extension : Merupakan data account yang akan digunakan oleh extension agar terhubung dengan IP PBX ini. Extension disini adalah sebuah nama atau nomor yang merepresentasikan user dari IP PBX ini.
b. Trunk : Merupakan data account yang akan digunakan IP PBX untuk menghubungi trunk. Trunk adalah sebuah nama atau nomor yang merepresentasikan server lain atau IP PBX lain yang akan dihubungi oleh IPPBX ini.
c. Dial Plan : Merupakan aturan dial yang akan dimanfaatkan oleh extension untuk menghubungi sesama extension atau trunk dan sebaliknya.

3. Berikan penjelasan bagaimanakah keterkaitan antara IP-PBX dengan Sistem Operasi
Briker!

Jawab : Briker adalah IPPBX berbentuk software atau operasi linuxyang dikhususkan untuk melayani Voip. Komputer akan berubah menjadi mesin PBX (Private Branch Exchange ) dengan kemampuan telekomunikasi melalui jaringan atau IP.

4. Tuliskan beberapa hal yang wajib harus didaftarkan dalam membuat account VoIP !

Jawab :
Ada beberapa hal yang wajib harus didaftarkan dalam membuat account VoIP yaitu:
· User Extensions: Nomor extension, misal 10101. Biasanya hanya numeric.
· Display Name: Nama yang akan digunakan sebagai Caller ID ketika melakukan panggilan
· Secret: Password yang digunakan user untuk proses otentikasi saat registrasi extension pada User Agent

Post a Comment for "Prosedur Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP, Dan Konfigurasi Ekstensi Dan Dial-Plan Server Softswitch"