Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Komponen Penting Yang Harus Ada Pada Komputer Beserta Fungsinya

Oke siapa si yang gatau soal Personal Komputer atau yang biasa kita sebut PiSi ( PC ) ini, Hampir sekarang dimanapun dan kemanapun kita pergi pasti ada perngkat ini. Bahkan di sekolahpun minimal kita harus bisa menggunakan perangkat ini walau hanya digunakan untuk pengetikan saja.

Mungkin masih banyak orang yang awam tentang sebuah PC apalagi Komponen Penting di dalamnya. Maka disini saya akan bahas semua yang ada di dalam sebuah PC itu.

Sebelum itu jangan lupa share postingan ini ke teman kalian agar tidak cuma kalian yang bisa mendapatkan informasi ini, Karena pada jaman ini semua orang minimal bisa mengoperasikan komputer, Apalagi untuk orang yang ingin bekerja dikantor. Oke lanjut ke pembahasannya.

1. Monitor

Pengertian Monitor
Yap ini adalah komponen paling penting yang pertama yaitu Monitor, karena tanpa monitor ini kita tidak akan bisa melihat apa yang ditampilkan oleh PC setelah dinyalakan karena fungsi utama monitor adalah Menampilkan gambar yang di proses dari dalam Motherboard.

2. Mouse dan Keyboard

Perangkat masukan ini juga penting karena tanpa kedua perangkat ini komputer kita tidak akan bisa menyala dengan baik karena tidak ada yang menggerakannya. Fungsi utama Mouse dan Keyboard adalah memasukkan perintah kedalam CPU ( Central Processing Unit ) / Processor lalu diteruskan ke monitor untuk di tampilkan ke user / pengguna.

3. Casing

Untuk hardware yang satu ini bisa penting bisa tidak karena terkadang saya melihat ada orang yang merakit komputer tanpa menggunakan casing. Tapi ada baiknya kita harus menggunakan casing ini agar jika ada tumpahan air / debu dari udara luar maka tidak langung menyentuh MotherBoard atau papan induk. Selain itu casing juga bisa digunakan untuk menampilkan keindahan sebuah Personal Computer ( PC ).

4. Power Supply


Power Supply atau yang biasa disebut PSU ini adalah perangkat yang sangat penting karena tanpa ini PC kita tidak akan menyala. Fungsi PowerSupply sendiri seperti namanya yaitu digunakan untuk memberikan supply daya listrik dari supply utama yaitu listrik rumah kedalam semua komponen yang berada di MotherBoard.

5. Processor / CPU ( Central Processing Unit )

Processor merupakan sebuah benda kecil yang ada di motherboard yang juga berperan penting dalam sebuah perancangan PC, Tanpa processor ini sebuah komputer tidak akan bisa menyala dengan baik karena semua yang di perlukkan oleh komputer tidak ada yang memproses. Seperti namanya Central Processing Unit ini berfungsi untuk memproses semua hal yang dilakukan oleh perangkat masukan atau input device untuk diteruskan ke monitor lalu ditampilkan ke User.

6. RAM ( Random Access Memory )

RAM atau Random Access Memory ini sangat penting bagi kehidupa sebuah PC karena bisa menjadikan sebuah PC bisa menyala dengan baik dan agar komputer bisa bekerja semakin baik jika isi dari RAM ini semakin besar. Fungsi RAM ini adalah sebagai penyimpanan sementara instruksi yang kita input dari Input Device agar semakin cepat pula instruksi tersebut di lakukan oleh PC. ada beberapa isi memori RAM yaitu 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB dll.

7. VGA Card

VGA Card atau yang biasa kita sebut Kartu Grafis ini sebenarnya penting tidak penting juga tergantung keperluan kita, Jika kita hanya memerlukkan sebuah komputer untuk pengetikan saja maka VGA Card ini bisa tidak menjadi hal yang penting.

Namun jika keperluan komputer yang akan kita gunakan ini dipakai untuk bermain Game, Edit Video dll maka kita diwajibkan membeli ini karena seperti fungsi VGA sendiri yaitu menerjemahkan sinyal analog ke sinyal digital untuk ditampilkan ke monitor. Semakin banyak keperluan editing , rendering , gaming kita maka semakin tinggi juga spesifikasi VGA yang kita perlukan.

8. HardDisk

Oke selanjutnya yaitu HardDisk sebuah hardware yang begitu penting yang harus digunakan oleh sebuah komputer ini berfungsi untuk menyimpan semua data yang terolah dan disimpan oleh kita saat kita sedang mengerjakan sebuah tudas dari sekolah maupun kantor. Harddisk ini mempunyai beberapa varian kapasitas mulai dari 120gb, 240gb sampai dengan 6TeraBytes / 6000gb.

9. MotherBoard

Yang terakhir yaitu yang paling penting adalah MotherBoard sebuah hardware yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perakitan komputer karena tanpa ini maka semua perangkat diatas akan di input kemana?. Sesuai namanya MotherBoard / Papan Induk ini berfungsi sebagai letak dari segala hardware diatas seperti RAM, VGA, Processor dll. Jadi tanpa ini maka komputer tidak akan bisa digunakan / dinyalakan.

Sekian dulu pembahasan kali ini semoga membantu kalian jangan lupa share keteman kalian melalui tombol share dibawah agar tidak hanya kalian yang tahu akan hal ini. Terima Kasih sudah berkunjung sampai jumpa di postinga berikutnya.

Post a Comment for "Komponen Penting Yang Harus Ada Pada Komputer Beserta Fungsinya"