Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengaktifkan Virtual Switch Pada Windows 10 Menggunakan Hyper-V

Cara Mengaktifkan Virtual Switch Pada Windows 10 Menggunakan Hyper-V - Oke kawanku semua kali ini saya akan memberikan kalian sedikit informasi tentang Virtual Switch pada Windows 10. Yang pertama apasih fungsi dari Virtual Switch atau Hyper-V. Hyper-V ini berfungsi untuk menghubungkan koneksi 2 PC tetapi dilakukan untuk PC yang sedang membuka Virtual OS atau singkatnya begini, Hyper-V ini digunakan untuk menghubungkan antara 2 Virtual OS yang sedang berjalan di dua buah PC. Karena jika kita menghubungkannya hanya dengan menggunakan kabel LAN saja maka Virtual OSnya tidak akan terkoneksi, Tetapi yang akan terkoneksi hanyalah LAN Card fisiknya saja atau OS utama saja. 

   Nah untuk kesempatan ini saya akan memberikan cara untuk mengaktifkan Hyper-V / Virtual Switch agar Sistem Operasi Virtual bisa saling terhubung. Langsung ke Topik Utamanya

1.  Masuk Ke TURN WINDOWS FEATURES ON OR OFF


     Langkah yang pertama yaitu kalian harus masuk ke pengaturan TURN WINDOWS FEATURES ON OR OFF dengan cara masuk ke menu pencari di sebelah logo windows lalu ketikkan tulisan seperti pada digambar.

2. Aktifkan Folder Hyper-V

     
     Untuk langkah berikutnya setelah kalian masuk ke pengaturan TURN WINDOWS FEATURES ON OR OFF maka akan muncul tampilan seperti pada digambar. Setelah keluar tampilan itu kalian cari folder Hyper-V lalu klik kotak yang berada di sebelah folder. Setelah di aktifkan dengan mengklik kotak di sebelah folder kalian klik OK untuk melanjutkan.

3. Tunggu Sampai Pencarian File Seleseai

  
     Setelah kalian mengklik OK maka akan muncul tampilan seperti pada digambar, Itu dilakukan windows untuk mencari file yang di butuhkan dan juga untuk mengApply pengturan yang sedang dilakukan.

4. Restart PC atau Laptop


     Setelah proses pencarian file berhasil yang harus kalian lakukan hanyalah mengklik Restart Now maka secara otomatis PC / Laptop kalian akan merestart untuk dilakukan pengApplyan pengaturan yang sudah diganti.

5. Masuk Hyper-V Manager


     Langkah yang selanjutnya kalian laukan setelah melakukan restart pada komputer atau laptop kalian maka kalian pergi ke Search Box yang berada di sebelah logo windows lalu kalian ketik Hyper-V Manager maka akan muncul software yang digunakan untuk membuat virtual switch pada windows. Setelah muncul softwarenya kalian tekan enter untuk masuk.

6. Buat Virtual Switch


     Setelah masuk kedalam software Hyper-V Manager maka akan muncul tampilan seperti pada digambar. Jika kalian belum menemukan tampilan seperti itu maka kalian close dulu Hyper-V Managernya lalu masuk kembali dan kalian akan menemukan tampilan seperti pada digambar. Jika gambarnya sudah muncul maka kalian lihat ke tab Action, Disana banyak pengaturan yang bisa kita buat. Untuk masalah kali ini kalian cukup klik Virtual Switch Manager untuk membuat Virtual Switch baru.

7. Buat Virtual Switchnya


     Setelah kalian mengklik pilihan Virtual Switch Manager maka akan muncul tampilan baru seperti digambar. Disini kalian cukup mengklik Create Virtual Switch tanpa mengubah apapun.

8. Setting Virtual Switch


     Disini kalian tidak perlu mengubah apapun untuk langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya maka kalian cukup tekan Ok. Secara otomatis Virtual Switch akan dibuat dan bisa langsung dipakai. Setelah kalian mengklik Ok maka akan ada sebuah peringatan seperti pada gambar dibawah


     Kalian tidak perlu takut jika muncul peringatan seperti ini karena ini hanyalah peringatan karena kita akan menambahkan Virtual Switchnya. Kalian cukup tekan Ok maka kalian sudah selesai membuat Virtual Switch untuk menghubungkan antar mesin Virtual pada 2 buah PC.

Begitu saja tutorial kali ini tentang Cara Mengaktifkan Virtual Switch Pada Windows 10 Menggunakan Hyper-V jika kalian masih bingung bagaimana selebihnya komentar saja di postingan ini dan pasti akan saya jawab. Terima Kasih sudah berkunjung jangan lupa share postingan ini ke teman TKJ kalian agar bisa bermanfaat bagi kita semua. Sampai Jumpa di Postingan berikutnya

1 comment for "Cara Mengaktifkan Virtual Switch Pada Windows 10 Menggunakan Hyper-V"